Pentingnya Pengolahan Limbah Rumah Sakit

2
Sep 2022
Kategori : Artikel / Informasi
Penulis : admin
Dilihat : 323x

Obat sebenarnya tidak ubahnya seperti racun berbahaya. Hanya saja karena digunakan dalam dosis yang tepat, obat mampu mengobati gangguan kesehatan dan menyembuhkan orang yang mengonsumsinya. Namun sama halnya dengan produk makanan ataupun minuman, obat juga memiliki masa kadaluwarsa. Obat kadaluwarsa ini pun cukup berbahaya jika sampai dikonsumsi oleh manusia ataupun dibuang tanpa diolah oleh Jasa Pengangkutan dan Pengelolaan Limbah Rumah Sakit terlebih dahulu.

Bahaya Limbah Rumah Sakit

Ada beberapa contoh limbah rumah sakit yang biasa dijumpai. Misalnya saja seperti jarum suntik bekas dan obat-obatan. Lebih jauh lagi, limbah rumah sakit ini juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Beberapa di antaranya adalah limbah benda tajam, limbah infeksius, limbah patologis, limbah farmasi, limbah kimia, limbah kemasan bertekanan dan limbah logam berat.

Setiap jenis limbah memiliki dampak yang berbeda pada lingkungan. Meski demikian, bahaya dari limbah jenis ini sama sekali tidak bisa diabaikan. Bukan hanya karena limbah medis dapat merusak lingkungan. Manusia yang terkena kontak langsung atau menghirup udara yang tercemar akibat limbah rumah sakit juga bisa mengalami gangguan kesehatan.

Perlu diketahui, limbah medis kerap kali mengandung bakteri dan virus-virus berbahaya. Limbah jarum suntik dan infus misalnya. Saat terjadi kontak langsung antara jarum suntik dengan pasien, bakteri ataupun virus yang menjadi penyebab penyakit akan berpindah dari pasien ke jarum suntik itu sendiri. Jadi jika ada orang sehat yang melakukan kontak langsung dengan jarum suntik tersebut, besar kemungkinan bakteri ataupun virus yang menempel akan berpindah dan membuatnya terserang penyakit.

Limbah rumah sakit seperti limbah obat-obatan juga bisa menyebabkan masalah yang tidak kalah serius. Kandungan kimia di dalamnya dapat mencemari lingkungan. Meresap ke dalam tanah dan bercampur dengan sumber-sumber air. Saat air yang sudah tercemar dikonsumsi oleh tumbuhan, binatang dan manusia, pada saat itulah zat-zat kimia berbahaya masuk ke dalam tubuh hingga menyebabkan gangguan kesehatan.
Untuk mengurangi dampak bahaya dari limbah rumah sakit, dibutuhkan pengelolaan limbah yang tepat. Peran dari jasa pengolahan limbah rumah sakit pun menjadi begitu penting.

Mengolah Limbah Rumah Sakit dengan Bantuan Tenaga Profesional,

PT Bina Marchia Mandiri

Limbah rumah sakit tergolong sebagai limbah yang butuh penanganan khusus. Limbah jenis ini tidak dapat dibuang begitu saja layaknya limbah rumah tangga biasa. Sebelum dibuang, limbah harus diolah sedemikian rupa agar tidak mencemari lingkungan dan meninggalkan dampak merusak yang bertahan hingga beberapa generasi.

Bina Marchia Mandiri adalah perusahaan yang secara khusus bergerak dalam bidang penanganan limbah. Mulai dari pengangkutan, pengolahan hingga pengumpulan limbah, Bina Marchia Mandiri akan mengatasinya sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan dukungan dari tenaga ahli berpengalaman dan peralatan yang lengkap.

Sebagai Jasa Pengangkutan dan Pengelolaan , Bina Marchia Mandiri memahami apa yang dibutuhkan untuk mengatasi limbah berbahaya. Aman dan efisien, itulah prinsip Bina Marchia Mandiri dalam mengolah limbah berbahaya.

Open chat
1
Butuh Bantuan ?
Chat Via Whatsapp
Selamat datang di PT. Bina Marchia Mandiri, Semoga anda sehat selalu. Silahkan tinggalkan pesan anda, Admin perusahaan kami akan segera membalas pesan anda. Terimakasih